Pentingnya menguasai pemrograman web

  Anda bisa menguasai pemrograman desktop? Selamat. Anda tidak menguasai pemrograman desktop? Tidak mengapa.
  Anda bisa menguasai pemrograman web? Luar biasa. Anda tidak menguasai pemrograman web? Luar binasa.
  Zaman telah bergeser, dari aplikasi yang dahulu masih mengandalkan basis desktop yang hanya bisa diinstall dan dijalankan di sebuah komputer saja sekarang telah berubah menjadi sebuah aplikasi web yang diupload sekali di sebuah web server dan kemudian bisa diakses oleh semua komputer yang terhubung dengan server tersebut.
  Dari segi maintenance saja sudah terbayang seberapa lebih mudahnya untuk melakukan perubahan pada aplikasi web, cukup mengedit file-file pada server saja dan semua orang yang mengakses sudah dapat merasakan perubahan yang dilakukan. Terbayang kalau ada perubahan pada aplikasi desktop, setiap kali terdapat perubahan kita harus menerapkan perubahan tersebut pada setiap komputer yang terinstall aplikasi tadi. Struktur jaringan sekarang makin maju, aplikasi-aplikasi web sudah bisa melakukan banyak hal yang membutuhkan kecepatan pertukaran data yang tinggi, seperti aplikasi web untuk photo editor, membuat presentasi, game online, dll. Aplikasi web juga sifatnya jauh lebih fleksibel, Anda bisa mengaksesnya dari PC, tablet atau bahkan smartphone. Lambat laun aplikasi desktop akan terhapuskan dan tergantikan dengan aplikasi web, perlahan tapi pasti arah perubahan teknologi akan mengarah kesitu. Saya bahkan pernah masuk ke lab komputer suatu institut ternama di Indonesia yang sistem operasinya hanya ada di satu server dan komputer lainnya menjalankan sistem operasi dengan mengakses server tersebut. Mungkin sistem operasi bukanlah gambaran yang tepat untuk sebuah aplikasi, namun setidaknya contoh diatas bisa menggambarkan bahwa struktur jaringan yang makin maju memperluas hal-hal yang bisa dilakukan melalui jaringan. Satu-satunya aplikasi desktop yang masih memiliki peluang hanyalah game (game disini bukan game kacangan seperti plants vs zombies atau zuma ya), karena saking beratnya operasi yang dilakukan dia memerlukan akses langsung ke memori komputer sehingga menurut saya dalam waktu dekat belum akan tercipta game-game berat yang bisa dimainkan lewat jaringan.
  Jadi saran saya untuk Anda yang baru saja memulai mengenal pemrograman, now is the era of web, learn a web programming languange, seperti Javascript dan librarynya seperti jQuery atau ExtJs untuk bahasa pemrograman client sidenya, kemudian belajar PHP atau ASP untuk bahasa pemrograman server sidenya (lain kali akan saya jelaskan tentang client side dan server side).
"Alfat, terus apakah saya berarti tidak perlu mempelajari bahasa pemrograman desktop seperti C++ misalnya?"
  Anda bisa saja belajar, namun sifatnya tidaklah wajib menurut saya. Tapi yang perlu saya tekankan bahwa Anda perlu mempelajari bahasa-bahasa pemrograman populer seperti C, C++, Java karena banyak dari bahasa pemrograman lain memiliki sintaks yang sama persis dengan bahasa-bahasa tersebut sehingga ketika mempelajari bahasa yang lain Anda tidak perlu waktu lama untuk menyesuaikan diri. Konsep-konsep pemrograman populer juga seperti paradigma OOP atau konsep MVC banyak menggunakan framework-framework yang dasar bahasanya adalah bahasa-bahasa populer tadi. Konsep-konsep tadi akan sangat banyak membantu Anda ketika diterapkan disaat membangun aplikasi web.
  So, start learning how to make a web application right now! Technology only moving to web direction!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Saudara se-Kosan

Bring Your Own Cloud!

Pentingkah Mengikuti Perkembangan Teknologi?